Apa Itu Sistem Operasi








Definisi sistem operasi: 
Sistem operasi atau biasa disebut OS (Operating System) adalah sebuah perangkat lunak yang difungsikan sebagai penghubung antara brainware (manusia) dan hardware (perangkat keras: komputer/handphone). menurut para ahli definisi system operasi adalah sebagai berikut:
  • Sistem operasi adalah sebuah program yang bekerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan hardware komputer. (Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003).
  • Sistem operasi merupakan perangkat lunak (software) yang memiliki tugas untuk mengontrol dan mengatur semua komponen perangkat keras (hardware) sekaligus melakukan operasi dasar sistem serta menjankan program atau aplikasi terinstall. (Iim Rusyamsi).

  • Program komputer yang berfungsi sebagai pengendali sumber daya hardware serta software yang terdapat di dalam komputer. (Mc Leod).

 
kategori system operasi:
  • Single User-Single Tasking : Yang dimaksud dengan Single User-Single Tasking adalah bahwa satu computer hanya dapat digunakan oleh satu pengguna (user) dan hanya bisa menjalankan satu program aplikasi dalam satu waktu. 
  • Multi User-Single Tasking : Yang dimaksud dengan Multi User-Single Tasking adalah bahwa satu computer dapat digunakan oleh banyak pengguna, namun satu pengguna hanya dapat menjalankan satu program aplikasi. 
  • Single User-Multi Tasking : Yang dimaksud dengan Single User-Multi Tasking adalah bahwa satu komputer dipakai oleh satu pengguna dan dapat menjalankan banyak program aplikasi dalam satu waktu.
  • Multi User-Multi Tasking : Yang dimaksud dengan Multi User-Multi Tasking adalah satu komputer dapat dipakai oleh banyak pengguna dan dapat menjalankan banyak program dalam satu waktu. 
sifat system operasi:
  • open-source : adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa sistem operasi tersebut terbuka untuk umum, dapat dimodifikasi dan digunakan kembali.
  • close-source (proprietary software) : adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa sistem operasi tersebut tidak terbuka untuk umum dan tidak dapat dimodifikasi secara bebas kecuali oleh pengembang dari system operasi tersebut.
 
Macam-macam Sistem operasi di Perangkat Komputer diantaranya:
  • Unix : Unix adalah sistem Operasi dalam generasi lawas yang dikembangkan oleh project Multics pada tahun 1965. 
  • Ms Dos (Disk Operating System) adalah system operasi lawas yang memiliki tampilan Command line, ukuran dari Dos terbilang keci jika dibandingkan dengan OS komputer lainnya.
  • Windows (Microsoft Windows) adalah system operasi yang dibuat dan di kembangkan oleh Microsoft, yang mana Windows adalah revolusi dari OS sebelumnya yaitu Ms DOS. tampilan antar muka sangat user friendly, namun kekurangan dari Windows adalah harganya yang cukup mahal.
  • Mac Os  (Machintosh OS/ OS X) adalah system operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan apple.inc. system ini bersifat close-source dan didedikasikan untuk hardware besutan apple sender yaitu computer mac atau biasa disebut sebagai macbook. interface dari system ini cukup user friendly sehingga mudah digunakan.
  • Linux Os : Linux adalah system operasi open-source yang mempunyai banyak jenisnya seperti Linux-mint, kali linux, Ubuntu, fedora, Arch Linux, debian, Red Hat enterprice dan masih banyak lagi yang merupakan pengembangan dari system operasi Linux tersebut.   
 
Macam-macam Sistem Operasi di perangkat mobile :
  • Android : Android adalah suatu sistem operasi open-source yang termasuk kedalam keluarga dari Linux Os, Android dapat di operasikan pada smartphone yang kompetibel dengan Android Os itu sendiri.
  • IOS (Iphone OS) : IOS adalah system operasi yang dibuat oleh Apple.inc yang dikhususkan untuk menjadi OS dari smartphone besutan apple. System Operasi IOS hanya kompatibel dengan perangkat keluaran apple.  sehingga, tidak dapat di install didalam perangkat selain keluaran apple.inc.
  • Syimbian : Syimbian adalah sistem operasi yang banyak digunakan di era mobile phone 10 tahun belakang dengan Nokia sebagai Mobile phone terlaris pada masa itu. 
 
Struktur bagian System Operasi terdiri atas beberapa bagian yaitu:
  1. Boot Mechanism : berfungsi untuk meletakan kernel ke dalam memori yang ada di komputer.
  2. Kernel merupakan inti dari suatu OS.
  3. Command Interpreter atau shell : berfungsi untuk membaca suatu inputan dari client.
  4. Repository : merupakan penyedia kumpulan beberapa fugnsi dasar serta standar yang bisa dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver : berfungsi menghubungkan ke hardware eksternal.
 
 
Sekian Informasi yang dapat dibagikan oleh SelancarInfo, thanks.
 
Next Post Previous Post